KEHIDUPAN DUNIA DAN KEHIDUPAN AKHIRAT

Allah membagi kehidupan ini pada dua kehidupan, yaitu kehidupan di dunia dan kehidupan di akhirat.  Kehidupan dibuat oleh Allah sebagai kehidupan empiris, nyata, dan dapat dirasakan oleh manusia saat mereka di dunia. Dan kehidupan di akhirat dibuatnya nyata pada saat di akhirat dan gaib dan abstrak saat berada di dunia.  Saat ini, atau saat kita berada di dunia Allah menyuruh kita untuk beriman dan percaya saja bahwa akhirat itu pasti ada.  Dan Allah menguatkan bahwa janji-Nya itu pasti dan Allah tidak pernah mengingkari janjinya.

Pada mempercayai janji Allah akan adanya kehidupan di akhirat inilah titik tolak seseorang itu taat dan taat kepada Alllah.  Cinta dan benci kepada Allah.  Mereka yang cinta kepada Allah akan  senantiasa taat menjalankan seluruh perintah Allah dan meninggalkan seluruh larangan Allah, mereka lah yang disebut dengan orang-orang yang muttaqin, sedangkan mereka yang inkar dan benci kepada Allah merekalah yang kafir dan senantiasa bersikap sebaliknya apa yang menjadi perintah Allah ditinggalkan dan apa yang menjadi larangan dirinya setia mengerjakannya.  Berkaitan dengan hal itu Allah menginggatkan dalam surah Al-Qashash ayat 77

وَابْتَغِ فِيمَا آتَاكَ اللَّهُ الدَّارَ الآخِرَةَ وَلا تَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا وَأَحْسِنْ كَمَا أَحْسَنَ اللَّهُ إِلَيْكَ وَلا تَبْغِ الْفَسَادَ فِي الأرْضِ إِنَّ اللَّهَ لا يُحِبُّ الْمُفْسِدِينَ

“Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.”

Jika dianalogikan, kehidupan dua adalah tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang.  Allah mengingatkan kita bahwa dalam menciptakan tujuan, tidak boleh terlena pada tujuan jangka pendek, bahkan terkadang seorang telah puas dengan tercapainya tujuan jangka pendeknya dan sehingga sampai melupakan tujuan jangka panjang.

( وََللْآخِرَةُ خَيْرٌ لَّكَ مِنَ اْلُأوَلى ( 4
4. “Dan sesungguhnya Akhirat itu lebih baik untukmu dari dunia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s