Menghidupkan Al-Qur’an

Baru-baru ini, Ketua STAIN Manado, Dr. Nasruddin Yusuf membawakan hikmah Nuzulul Qur’an di Aula Bank Mandiri Cabang Manado.  Ceramah ini dibawakan atas undangan Panita Hari-hari Besar Islam (PHBI) provinsi sulawesi utara.  Ceramah dibawakan selama 20 menit pada tanggal 16 September 2008 pada setelah shalat tarawih yang diimami oleh Ust. Rizali M. Noor.  Turut hadi dalam acara tersebut Bapak Robby Mamuaya selaku Sekda Provinsi Sulawesi Utara, dan Kakanwil Dep. Agama Prov. Sulawesi Utara Bapak Halil Domu, M. Si

Dalam ceramah yang berlangsung singkat itu, Dr. Nasruddin Yusuf mengingatkan kita untuk senantiasa berpegang pada teks asli dan senantiasa mempertimbangkan bentuk-bentuk interpretasi-interpretasi.  Karena seringnya terjadi kesalahan dalam memahami kedudukan interpretasi dari teks asli yang ada.  Intepretasi tidak dapat dijadikan dogma, ia hanya merupakan instrumen bagi upaya memahami teks-teks asli.  Teks asli yang telah jelas maknanya adalah yang tidak boleh di bawa kepada kebolehan intepretasi.  Sedangkan hasil intepretasi tetaplah sebagai intepretasi tidak boleh dimasukkan dalam wilayah dogma.

Pemahaman yang salah yang sering menjadi acuan bagi mereka yang sempit dalam mempelajari agama adalah memandang bahwa intepretasi adalah dogma itu sendiri.  Intepretasi adalah hasil rasionalisasi manusia terhadap teks.  Kebenaran teks yang sesungguhnya hanya diketahui secara pasti melalui penuturnya.  Sepanjang tidak diketahui maksud dari penutur, maka kebenaran yang adalah berdasarkan dugaan bukan kepastian. karena  kewajiban penafsir adalah membuka diri bahwa dalam tafsirannya masihlah bersifat perkiraan yang dalam analisannya itulah yang terbaik. Abu Safwa08.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s